5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Solana (SOL)

5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Solana (SOL) – Ketika harga Solana (SOL) mulai naik di bulan Juli, orang-orang menjulukinya sebagai musim panas Solana. Saat kita memasuki bulan November dan harga terus naik, mungkin kita sebaiknya menyebut tahun 2021 Solana.

Mengapa semua orang membicarakan Solana? Apakah itu investasi yang bagus?

Berikut 5 hal yang harus kamu harus ketahui.

1. Tumbuh 13.300% sejak 1 Januari

Mulai awal tahun ini, 1 SOL mulai harga $1,51 dan kapitalisasi pasar Solana sekitaran $86 juta. Ini telah naik tajam dari 13.300% sejak saat itu — 1 SOL sekarang bernilai $202,42 menurut CoinMarketCap. Saat kapitalisasi pasar hampir $62 miliar, Solana telah menjadi cryptocurrency terbesar keenam berdasarkan kapitalisasi pasar.

Ini tersedia dari sebagian besar aplikasi dan transaksi cryptocurrency teratas. Dan banyak investor telah mempertaruhkan SOL mereka — mengikatnya selama jangka waktu tertentu untuk berkontribusi pada keamanan jaringan — untuk mendapatkan bunga.

2. Solana adalah alternatif populer untuk Ethereum (ETH)

Salah satu pendorong besar di balik pertumbuhan Solana adalah orang-orang mencari alternatif selain Ethereum. Ethereum adalah cryptocurrency terbesar kedua di dunia, dan yang pertama memperkenalkan kontrak pintar. Kontrak pintar adalah potongan kecil kode yang memungkinkan platform blockchain untuk menjalankan aplikasi terdesentralisasi (dApps) dan program lainnya.

Saat Masalahnya yaitu jaringan Ethereum terlalu padat dan transaksi menjadi makin mahal. Akibatnya, sorotan ada pada platform baru yang lebih cepat dan lebih tidak mahal. Ada beberapa yang disebut “pembunuh Ethereum” yang berebut posisi, masing-masing mencoba menarik pengembang dan mengklaim pangsa pasar.

Seperti banyak cryptocurrency kontrak pintar yang lebih baru, Solana tidak diuji dalam pertempuran seperti Ethereum. Jika Anda mempertimbangkan untuk membeli Solana, perhatikan baik-baik lingkungan persaingan karena setiap cryptocurrency kontrak pintar memiliki pro dan kontra sendiri. Ingatlah bahwa itu mungkin tidak akan menjadi skenario pemenang-mengambil-semua. Kami kemungkinan akan melihat empat atau lima crypto kontrak pintar keluar di atas.

3. Ini adalah cryptocurrency tercepat di blok

Salah satu daya tarik utama Solana adalah dapat memproses sekitar 50.000 transaksi per detik (TPS). Sebagai perbandingan, Ethereum memproses antara 15 dan 45 TPS, meskipun sedang dalam proses peningkatan ke Eth2 yang akan membuatnya lebih cepat.

Kecepatan bukanlah segalanya, tetapi beberapa cryptocurrency mendekati Solana dalam perlombaan ini. Yang juga perlu diperhatikan adalah bahwa Visa mengatakan bahwa ia memproses sekitar 24.000 TPS, yang berarti Solana dapat memanfaatkan jaringan pembayaran yang ada untuk mendapatkan uang mereka.

4. Solana menggunakan bukti sejarah

Keajaiban teknologi blockchain sekarang yaitu ia mengeluarkan perantara dari semua jenis perdagangan. Misalnya, Bitcoin (BTC) merupakan bentuk mata uang digital yang tidak memerlukan dukungan.

Tetapi tanpa perantara, jaringan blockchain membutuhkan metode lain untuk menjaga diri mereka tetap aman dan menghindari penipuan. Bitcoin menggunakan model validasi bukti kerja untuk melakukan ini. Tanpa terlalu teknis, ia mempunyai serangkaian validator jaringan yang mesti menyumbangkan daya komputasi dalam jumlah yang sangat besar. Idenya adalah, dibutuhkan begitu banyak kekuatan pemrosesan untuk membuat catatan palsu, sehingga hampir tidak mungkin. Ini membuat jaringan tetap aman, tetapi tidak hemat energi.

Sistem lain menggunakan model validasi proof-of-stake, yang membatasi jumlah validator hanya untuk mereka yang memiliki cukup token, membuatnya lebih cepat dan lebih berkelanjutan. Solana mengambil ini selangkah lebih maju. Ini mengintegrasikan cap waktu ke dalam model validasi bukti sejarahnya, yang mampu memproses transaksi dengan sangat cepat.

5. Memiliki lebih dari 350 aplikasi yang berjalan di jaringannya

Saat persaingan memanas antara alternatif Ethereum, salah satu medan pertempuran utama adalah jumlah proyek yang berjalan di setiap jaringan. Ethereum mungkin lambat, tetapi memiliki keunggulan penggerak pertama dan pengembang terbiasa menggunakan platform dan bahasa pemrogramannya. Akibatnya, Ethereum masih menjadi tuan rumah bagian terbesar dari dApps.

Solana memiliki lebih dari 350 proyek di ekosistemnya. Ini termasuk aplikasi keuangan terdesentralisasi (DeFi) yang bisa menawarkan layanan perbankan secara gratis perantara, proyek token non-sepadan (NFT), aplikasi permainan game, dan berbagai lainnya. NFT adalah jenis koleksi digital unik yang menyematkan informasi kepengarangan dan kepemilikan di dalam item. DeFi dan NFT sedang booming saat ini, yang merupakan faktor lain dalam pertumbuhan Solana.

Tinggalkan komentar